Tuesday, November 15, 2011

Balanced scorecard 2


Perspektif Proses Bisnis Internal
Manajer harus bisa mengidentifikasi proses internal yang penting dimana perusahaan diharuskan melakukan dengan baik karena proses internal tersebut mempunyai nilai-nilai yang diinginkan konsumen dan dapat memberikan pengembalian yang diharapkan oleh para pemegang saham.

Tahapan
Ada 3 tahapan yaitu
       Inovasi
       Proses Operasi
       Proses Penyampaian Produk atau Jasa pada Pelanggan

Inovasi
Inovasi yang dilakukan dalam perusahaan biasanya dilakukan oleh bagian riset dan pengembangan. Dalam tahap inovasi ini tolok ukur yang digunakan adalah besarnya produk-produk baru, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangan suatu produk secara relatif jika dibandingkan perusahaan pesaing, besarnya biaya, banyaknya produk baru yang berhasil dikembangkan

Proses Operasi
perusahaan berupaya untuk memberikan solusi kepada para pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Tolak ukur yang digunakan
       Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE)
       tingkat kerusakan produk pra penjualan
       banyaknya bahan baku terbuang percuma
       frekuensi pengerjaan ulang produk sebagai akibat terjadinya kerusakan
       banyaknya permintaan para pelanggan yang tidak dapat dipenuhi
       penyimpangan biaya produksi aktual terhadap biaya anggaran produksi serta tingkat efisiensi per kegiatan produksi

Proses Penyampaian Produk atau Jasa pada Pelanggan
Perusahaan berupaya memberikan manfaat tambahan kepada pelanggan yang telalh membeli produknya seperti layanan pemeliharaan produk, layanan perbakan kerusakan, layanan penggantian suku cadang, dan perbaikan pembayaran


Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
menyediakan infrastruktur untuk mendukung pencapaian tiga perspektif sebelumnya. Perspektif keuangan, pelanggan dan sasaran dari proses bisnis internal dapat mengungkapkan kesenjangan antara kemampuan yang ada dari orang, sistem dan prosedur dengan apa yang dibutuhkan untuk mencapai suatu kinerja yang handal



Faktor yang diperhatikan
       Karyawan
Untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan perusahaan perlu melakukan survei secara reguler. Beberapa elemen kepuasan karyawan adalah keterlibatan dalam pengambilan keputusan, pengakuan, akses untuk memperoleh informasi, dorongan untuk melakukan kreativitas dan inisiatif serta dukungan dari atasan
       Kemampuan Sistem Informasi
Tolak ukur yang sering digunakan adalah bahwa informasi yang dibutuhkan mudah didapatkan, tepat dan tidak memerlukan waktu lama untuk mendapat informasi

Strategy Map Framework


HR Strategy Map Template


IT Strategy Map Template


Finance Strategy Map Template



Marketing Strategy Map Template

1 comment:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Hotel · 1 Borgata Way Atlantic City, NJ 08401 · 2 Caesars Way Atlantic City, NJ 고양 출장마사지 08401 · 3 충청남도 출장안마 Ameristar Way Atlantic City, 순천 출장마사지 NJ 08401 · 4 유로 스타 사이트 Ameristar Way 김제 출장샵 Casino

    ReplyDelete