Perspektif Proses Bisnis Internal
Manajer
harus bisa mengidentifikasi proses internal yang penting dimana perusahaan
diharuskan melakukan dengan baik karena proses internal tersebut mempunyai
nilai-nilai yang diinginkan konsumen dan dapat memberikan pengembalian yang
diharapkan oleh para pemegang saham.
Tahapan
Ada 3 tahapan yaitu
•
Inovasi
•
Proses
Operasi
•
Proses
Penyampaian Produk atau Jasa pada Pelanggan
Inovasi
Inovasi
yang dilakukan dalam perusahaan biasanya dilakukan oleh bagian riset dan
pengembangan. Dalam tahap inovasi ini tolok ukur yang digunakan adalah besarnya
produk-produk baru, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangan suatu produk
secara relatif jika dibandingkan perusahaan pesaing, besarnya biaya, banyaknya
produk baru yang berhasil dikembangkan
Proses Operasi
perusahaan
berupaya untuk memberikan solusi kepada para pelanggan dalam memenuhi kebutuhan
dan keinginan pelanggan.
Tolak ukur yang digunakan
•
Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE)
•
tingkat kerusakan produk pra penjualan
•
banyaknya bahan baku terbuang percuma
•
frekuensi pengerjaan ulang produk
sebagai akibat terjadinya kerusakan
•
banyaknya permintaan para pelanggan yang
tidak dapat dipenuhi
•
penyimpangan biaya produksi aktual
terhadap biaya anggaran produksi serta tingkat efisiensi per kegiatan produksi
Proses Penyampaian Produk atau Jasa pada
Pelanggan
Perusahaan
berupaya memberikan manfaat tambahan kepada pelanggan yang telalh membeli
produknya seperti layanan pemeliharaan produk, layanan perbakan kerusakan,
layanan penggantian suku cadang, dan perbaikan pembayaran
Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
menyediakan
infrastruktur untuk mendukung pencapaian tiga perspektif sebelumnya. Perspektif
keuangan, pelanggan dan sasaran dari proses bisnis internal dapat mengungkapkan
kesenjangan antara kemampuan yang ada dari orang, sistem dan prosedur dengan
apa yang dibutuhkan untuk mencapai suatu kinerja yang handal
Faktor yang diperhatikan
• Karyawan
Untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan perusahaan perlu
melakukan survei secara reguler. Beberapa elemen kepuasan karyawan adalah
keterlibatan dalam pengambilan keputusan, pengakuan, akses untuk memperoleh
informasi, dorongan untuk melakukan kreativitas dan inisiatif serta dukungan
dari atasan
• Kemampuan Sistem Informasi
Tolak ukur yang sering digunakan adalah bahwa informasi yang
dibutuhkan mudah didapatkan, tepat dan tidak memerlukan waktu lama untuk
mendapat informasi
Strategy Map Framework
HR Strategy Map Template
IT Strategy Map Template
Finance Strategy Map Template
Marketing Strategy Map Template
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
ReplyDeleteHotel · 1 Borgata Way Atlantic City, NJ 08401 · 2 Caesars Way Atlantic City, NJ 고양 출장마사지 08401 · 3 충청남도 출장안마 Ameristar Way Atlantic City, 순천 출장마사지 NJ 08401 · 4 유로 스타 사이트 Ameristar Way 김제 출장샵 Casino