Ragam Tujuan penelitian
- Eksploratif
- Deskriptif
- Prediksi
- Eksplanatif
- Aksi
Penentuan Tujuan
Tapi
perlu kita ingat bahwa penentuan tujuan, salah satunya dipengaruhi oleh
kemajuan ilmu pengetahuan yang terkait dengan masalah yg kita hadapi (“State of
the art”)
Misal :
bila masih “samar-samar”, maka kita perlu bertujuan untuk menjelajahi
(eksplorasi) dulu. Bila sudah pernah di jelajahi dengan cukup, maka kita coba
terangkan (deskripsikan) lebih lanjut
EKSPLORATIF
•
Bertujuan
untuk mengungkap secara luas dan mendalam tentang sebab-sebab dan hal-hal yang
mempengaruhi terjadinya sesuatu.
•
Untuk memahami suatu topik, maka
kita lakukan penelitian eksplorasi
•
Penelitian eksplorasi berkaitan dengan
upaya untuk menentukan apakah suatu fenomena ada/tidak.
•
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk
menjawab pertanyaan “apakah X ada/terjadi?”
•
Cth : apakah laki-laki dan wanita
mempunyai kecenderungan duduk di bagian depan kelas/tidak ?
Tujuan peneliti memilih tujuan
eksplorasi :
- Memuaskan keingintahuan awal dan nantinya ingin lebih mendalam
- Menguji kelayakan dalam melakukan penelitian/studi yg lebih mendalam nantinya
- Mengembangkan metode yg akan di pakai dalam penelitian yg lebih mendalam
Kelemahan
•
Hasil penelitian eksplorasi sering dianggap
tidak memuaskan krn hny penjelajahan
•
Menurut babbie 1989:80
•
Kekurangpuas-an itu akibat sampling
DESKRIPTIF
Bentuk
Penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada,
baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia.
Meneruskan
cth bahasan eksplorasi, pada deskriptif maka pertanyaan selanjutnya adalah
maksud depan kelas itu apa? apakah duduk di muka tersebut untuk semua mata
pelajaran ? Tingkat kemenarikan guru yang mengajar?dll
Penelitian
deskriptif menangkap ciri khas suatu objek, seseorang atau suatu kejadian pada
waktu data di kumpulkan.
Ciri khas tersebut mungkin berubah dengan perkembangan waktu, tapi masih bisa
dijadikan penelitian dengan melihat perkembangan perubahan suatu fenomena dari
masa ke masa
•
Berusaha mendeskripsikan dan
menginterpretasikan sesuatu. Misal : kondisi/hubungan yang ada, pendapat yg
berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau
tentang kecenderungan yang tengah terjadi.
•
Pada
umumnya penelitian ini dilakukan dengan 2 tujuan utama :
1. Laporan
penelitian itu di lakukan dalam bentuk deskriptif.
2. Berguna
utk mendapatkan variasi permasalahan yg berkaitan dengan bidang pendidikan
maupun tingkah laku manusia
•
Ciri-ciri
penelitian deskriptif
1.
Penelitian deskriptif merupakan
penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel
utama subjek studi, misalnya : umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan,
status marital, sosial ekonomi, dll sesuaikan dengan tujuan penelitian
2. Tidak
membutuhkan kelompok kontrol sebagai pembanding karena yang dicari adalah
fenomena tertentu, atau utk memperoleh gambaran ttg hal-hal yang berkaitan
dengan masalah kesehatan
3.
Terdapat hubungan sebab-akibat hanya
merupakan perkiraan yang didasarkan atas tabel silang yg di sajikan
4.
Hasil penelitian yg disajikan sesuai data yg
diperoleh tanpa dilakukan analisis yg mendalam
5.
Penelitian deskriptif merupakan
penelitian pendahuluan dan digunakan bersama-sama dengan hampir semua jenis penelitian,
misalnya utk menentukan kriteria subjek studi
6.
Pengumpulan data dilakukan dalam satu saat
atau satu periode tertentu dan setiap subjek studi selama penelitian hanya
diamati satu kali
7.
Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan
sampling survey atau data sekunder
8.
Penelitian deskriptif dilakukan pada
wilayah terbatas spt desa, kecamatan, kampus, dll
Menyusun
rencana pelayanan masyarakat. Misalnya : dari penelitian deskriptif dihasilkan
fenomena dampak negatif internet yang cukup tinggi. Informasi tsb bisa
dijadikan usulan perencanaan kegiatan pelayanan masyarakat, bagaimana
menggunakan internet sehat.
Penelitian
deskriptif juga bisa digunakan sebagai evaluasi program internet sehat.
Misalkan ingin mengetahui tingkat kepuasan dari masyarakat ttg pelayanan yang
diberikan.
PREDIKSI
Mengidentifikasi
hubungan (keterkaitan) yang memungkinkan kita berspekulasi (menghitung) tentang
suatu hal (X) dengan mengetahui (berdasar) hal yang lain (Y)
Misal :
mengetahui hubungan antara e-learning dengan pemahaman siswa thd materi
Di
identifikasi keterkaitan (hubungan antara e-learning dgn pemahaman siswa)
EKSPLANASI
•
Penelitian eksplanasi mengkaji hubungan
sebab-akibat diantara dua fenomena atau lebih.
•
Penelitian spt ini dipakai untuk
menentukan apakah suatu eksplanasi (keterkaitan sebab-akibat) valid atau tidak,
atau menentukan mana yang lebih valid diantara dua (atau lebih)
•
Catatan: dalam penelitian deskriptif menentukan
apakah (keterkaitan antara tingkat kejahatan di kota tipe A berbeda dengan di
kota tipe lainnya,
•
tapi tidak dijelaskan “mengapa” , di
eksplanasi akan dijelaskan (hubungan sebab-akibat) hal tersebut terjadi.
AKSI
•
Penelitian aksi (tindakan) dapat
meneruskan salah satu tujuan di atas dengan penetapan persyaratan untuk
menemukan solusi dengan bertindak sesuatu.
•
Penelitian ini umumnya dilakukan dengan
eksperimen tidakan dan mengamati hasilnya; berdasar hasil tersebut disusun
persyaratan solusi. Misal, diketahui fenomena bahwa meskipun suhu udara luar
sudah lebih dingin dari suhu ruang, orang tetap memakai AC (tidak
mematikannya).
•
Dalam eksperimen penelitian tindakan
dibuat berbagai alat bantu mengingatkan orang bahwa udara luar sudah lebih
dingin dari udara dalam. Ternyata dari beberapa alat bantu, ada satu yang
paling dapat diterima. Dari temuan itu disusun persyaratan solusi terhadap
fenomena di atas.
No comments:
Post a Comment