Penjelasan
MAP Framework :
Supa ya
perusahaan berkembang, tujuan utama nya adalah, si perusahaan harus menekan
biaya (cost efficiency), meningkatkan hasil produksi (revenue growth), lalu
gmna carnya??
1. price = Dari harga, harganya harus
disesuaikan pangsa pasar, misalnya disautu daerah menutup hasil opservasi di
daerah tersebut klas menengah / kebawah, 2. quality = kuliatitas, harus
mengutamaka kualitas, 3. Service = Service, memberikan meningkatkan peayanan
kepada pelanggan, 4. Avaliability = Ketersediaan barang harus di pantau agar
tidak terjadi kelangkaan produk dipasar apabila
terjadi kelangkaan maka pelanggan akan pergi ke produk lain, karena
mempertahankan 1 pelanggan lebih sulit dibandingkan mencari 10 pelanggan,
kepercayaan pelanggan sangat penting, 5.
Brand / image = menggambarkan ciri khas dr suatu produk dan berpengaruh
terhadap pandangan customer.
Operations
Management Proseses (Proses dimana mengontrol pengoprasian produksi), Customer
Management prosses (upaya untuk menambah loyalitas pelanggan terhadap produk.
Dengan cara membrikan layanan call center / service center), inovation
processes (upaya untuk memberikan suatu perbaruan terhadap produk sehingga
dapat diterima pasar dengan cara riset kebutuhan pasar dikemudian hari),
regulation ada social processes (proses pengaturan dan sosilalisasi kemasyarakat dengan promosi melalui media
electronik, cetak contohnya baleho, spanduk, iklan tv/ radio)
Human
capital (SDM dalam perusahaan harus menunjang sistem yang telah ada),
organisasi capital (semua sub sistem harus berintegrasi sehingga menghasilkan
organisasi yang dapat menunjang sistem yang telah ada), Information Capital
(mempunyai informasi yg tepat akurat dan efisiendi setiap sub sistem)
Kendala
yang muncul setelah penerapan CRM :
·
Pada aplikasi TI, terbuangnya feature atau
kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI dengan percuma.
·
Pelanggan tetap mengeluh.
·
Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional.
·
Tidak ada peningkatan efisiensi.
·
Staf sales dan marketing masih saling
menyembunyikan data.
·
Keuntungan perusahaan masih stagnan.
Manfaat
CRM:
·
Jumlah konsumen bertambah, yaitu mencari
konsumen baru disamping tetap memelihara tingkat kepuasan konsumen yang sudah
ada.
·
Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada
konsumen, yaitu dengan mengetahui kebutuhan
konsumen.
·
Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang
akan datang, yaitu melalui hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil
analisa data-data transaksi yang sudah terkumpul.
·
Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas
transaksi, yaitu mengetahui tindak kriminal seperti penipuan dan lain
sebagainya.
·
Mengetahui perbaiakn yang harus dilakukan pada service
yang diberikan kepada konsuman.
·
Mampu menganalisa pola data transaksi, sebagai
contoh mampu mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu
tertentu.
·
Mengurangi resiko operasional, yaitu dengan
mengetahui prediksi yang akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan
melalui customer history.
Faktor
kunci strategi CRM:
·
Orang-orang yang profesional (kualifikasi
memadai)
·
Proses yang didesain dengan baik
·
Teknologi yang memadai
Definisi
CRM:
·
CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk
metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web
yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para
pelanggan.
·
CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk
berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi
pelanggan baik itu lewat telepon, e-mail, masukan di situs atau hasil
pembicaraan dengan staf sales dan marketing.
·
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh
dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif
bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.
Supply
Chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja
untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.
Dua
fungsi dasar SCM :
- Secara fisik mengubah bahan baku dan komponen menjadi produk dan mengirimnya ke konsumen akhir.
- Meyakinkan bahwa pengiriman produk/ jasa memuaskan aspirasi pelanggan.
Dalam
sebuah SC terdapat tiga aliran:
1. Material
Aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari
supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer,
kemudian ke pemakai akhir.
2. Informasi
Aliran informasi yang bisa terjadi dari
hulu ke hilir atau sebaliknya.
3. Uang/dana
Aliran uang dan sejenisnya yang mengalir
dari hilir ke hulu.
No comments:
Post a Comment