Tuesday, November 15, 2011

Catatan Sistem Enterprise



Penjelasan MAP Framework :
Supa ya perusahaan berkembang, tujuan utama nya adalah, si perusahaan harus menekan biaya (cost efficiency), meningkatkan hasil produksi (revenue growth), lalu gmna carnya??
 1. price = Dari harga, harganya harus disesuaikan pangsa pasar, misalnya disautu daerah menutup hasil opservasi di daerah tersebut klas menengah / kebawah, 2. quality = kuliatitas, harus mengutamaka kualitas, 3. Service = Service, memberikan meningkatkan peayanan kepada pelanggan, 4. Avaliability = Ketersediaan barang harus di pantau agar tidak terjadi kelangkaan produk dipasar apabila  terjadi kelangkaan maka pelanggan akan pergi ke produk lain, karena mempertahankan 1 pelanggan lebih sulit dibandingkan mencari 10 pelanggan, kepercayaan pelanggan sangat penting,  5. Brand / image = menggambarkan ciri khas dr suatu produk dan berpengaruh terhadap pandangan customer.
Operations Management Proseses (Proses dimana mengontrol pengoprasian produksi), Customer Management prosses (upaya untuk menambah loyalitas pelanggan terhadap produk. Dengan cara membrikan layanan call center / service center), inovation processes (upaya untuk memberikan suatu perbaruan terhadap produk sehingga dapat diterima pasar dengan cara riset kebutuhan pasar dikemudian hari), regulation ada social processes (proses pengaturan dan sosilalisasi  kemasyarakat dengan promosi melalui media electronik, cetak contohnya baleho, spanduk, iklan tv/ radio)

Human capital (SDM dalam perusahaan harus menunjang sistem yang telah ada), organisasi capital (semua sub sistem harus berintegrasi sehingga menghasilkan organisasi yang dapat menunjang sistem yang telah ada), Information Capital (mempunyai informasi yg tepat akurat dan efisiendi setiap sub sistem)

Kendala yang muncul setelah penerapan CRM :
·         Pada aplikasi TI, terbuangnya feature atau kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI dengan percuma.
·         Pelanggan tetap mengeluh.
·         Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional.
·         Tidak ada peningkatan efisiensi.
·         Staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data.
·         Keuntungan perusahaan masih stagnan.

Manfaat CRM:
·         Jumlah konsumen bertambah, yaitu mencari konsumen baru disamping tetap memelihara tingkat kepuasan konsumen yang sudah ada.
·         Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen, yaitu dengan mengetahui kebutuhan  konsumen.
·         Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang, yaitu melalui hasil transaksi yang sudah dilakukan dan dari hasil analisa data-data transaksi yang sudah terkumpul.
·         Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas transaksi, yaitu mengetahui tindak kriminal seperti penipuan dan lain sebagainya.
·         Mengetahui perbaiakn yang harus dilakukan pada service yang diberikan kepada konsuman.
·         Mampu menganalisa pola data transaksi, sebagai contoh mampu mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu tertentu.
·         Mengurangi resiko operasional, yaitu dengan mengetahui prediksi yang akan terjadi dan kesalahan yang pernah dilakukan melalui customer history.

Faktor kunci strategi CRM:
·         Orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai)
·         Proses yang didesain dengan baik
·         Teknologi yang memadai


Definisi CRM:
·         CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan.
·         CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, e-mail, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.
·         CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Supply Chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.

Dua fungsi dasar SCM :
  1. Secara fisik mengubah bahan baku dan komponen menjadi produk dan mengirimnya ke konsumen akhir.
  1. Meyakinkan bahwa pengiriman produk/ jasa memuaskan aspirasi pelanggan.

Dalam sebuah SC terdapat tiga aliran:
                1. Material
Aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke pemakai akhir.
                2. Informasi
                    Aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir atau sebaliknya.
                3. Uang/dana
                    Aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu.

No comments:

Post a Comment